Selasa, 31 Desember 2013

The Spirit of Optimism 2014

Selamat akhir tahun teman..diakhir tahun 2013 ini saya sudah mulai berpikir dan menentukan target apa yang akan saya capai dan apa yang akan saya lakukan untuk mencapainya. Sepertinya di kehidupan kita di dunia ini seolah kita lagi memainkan games atau permainan ding dong anak anak yang banyak kita jumpai di sekitar kita. Satu stage atau satu babak yang sudah kita menangkan, akan dilanjutkan dengan babak berikutnya yang level dan kesulitannya lebih tinggi lagi, dan yang bikin penasaran biasanya di permainan games diberikan iming iming poin atau nilai, sehingga dengan poin dan nilai yang kita dapat itu bisa kita banggakan dengan teman teman kita.Ya...hanya kebanggaan saja yang kita dapat kalau kita secara otak dan kaku melalui kehidupan ini ( apakah kehidupan ini seperti itu ? )
Memang tidak ada yang salah dengan mengejar target dan poin yang tinggi dalam kehidupan ini, boleh, silahkan, sumonggo...
Uang yang beredar di muka bumi ini setiap harinya sangatlah besar, lebih dari triliunan rupiah setiap detiknya, dan setiap individu dipersilahkan mengambil sepuasnya, boleh dengan tangan kosong, dengan alat atau dengan bantuan orang, hewan atau mahluk halus kalau bisa...
Akan tetapi....bila kita sadar akan tujuan hidup yang sesungguhnya di dunia ini, dan mulai sadar bahwa hidup ini TIDAK HANYA mengejar target yang kita inginkan maka kita akan semakin bijak dan mulai mengendalikan situasi diri dengan menoleh ke kanan dan ke kiri, menunduk dan mendongakkan kepala, membuka mata lebar lebar...dusss..simsalabim..sadar..bukan itu yang kita cari.
Contoh yang paling sederhana adalah apa yang saya lalui di tiga tahun terakhir ini, segala daya upaya, kerja keras, peluh, luka, kangen keluarga, ninggalkan kehidupan sosial bertetangga, berangkat pagi pulang petang di rantau orang semuanya hanya focus mencapai target yang saya tentukan. Memang apa yang saya citakan tercapai, memang imbalan yang saya dapat tergapai, memang semua orang takjub apa yang saya raih...tapi..setelah saya berhenti sejenak mengambil nafas, menoleh ke kanan ke kiri, menunduk dan menengadah...ahhh ternyata ada yang lebih indah dari yang saya kejar kejar kemarin.
Apa itu?
Kehidupan sosial yang adil dan beradab kata Pancasila.
Kehidupan sosial yang setiap pagi tegur sapa dengan anak istri, berangkat kerja makan pagi, bareng minum teh hangat sambil cerita cerita, melihat tetangga senyum saling lempar canda, berempati bila mereka sedih, berbantu tangan bila membutuhkan...
Kehidupan yang adil dan beradab...adil buat kita sendiri, adil terhadap tubuh kita, mata, telinga, mulut dan anggota tubuh lainnya yang kerap kita paksa kerja melebihi batas kemampuan. Adil terhadap lingkungan kehidupan kita, membantu yang lemah, memberi yang minta. Semuanya itu akan membuat kita lebih beradab.
Untuk tahun 2014 atau tahun Kuda kayu, saya sudah menentukan target...
Meningkatkan Nilai hidup saya, dan bukan meningkatkan Materialistik kehidupan saya.
New Year with optimism and excitement for much greater life moments.

Selamat Tahun Baru 2014.

Photo by IbEn





Tidak ada komentar:

Posting Komentar